uli
Blog Universitas Komputer Indonesia

Advertising

Definisi Advertising menurut para tokoh :
Ø Menurut Philip Kotler ( 2007:658), menyatakan bahwa periklanan merupakan segala bentuk presentasi non pribadi dan promosi gagasan,barang,atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.
Ø Menurut Alex S. Nitisemito (1996:134), advertising diartikan sebagai usaha untuk mempengaruhi konsumen dalam bentuk tulisan,gambar,suara,atau kombinasi dari semuanya yang diarahkan pada masyarakat secara luas dan tidak langsung.
Ø Menurut Soehardi Sigit (1992:55) advertising adalah cara penyajian dengan cetakan,tulisan, kata-kata,gambar, atau menggunakan orang,barang atau jasa yang dilakukan oleh suatu lembaga atau perusahaan dengan maksud untuk mempengaruhi dan meningkatkan penjualan,meningkatkan pemakaian atau untuk memperoleh suara,dukungan atau pendapat.
 
· Fungsi Periklanan
Fungsi periklanan dalam manajemen diantaranya adalah sebagai alat komunikasi dan koordinasi memberikan kriteria dalam pengambilan keputusan dan sebagai alat evaluasi.
· Seperti media lainnya , strategi penetapan corporate advertising memiliki keuntungan dan kelemahan diantaranya :
Ø Keuntungan advertising :
1. Sangat baik dalam perjalanan atau perputaran positioning perusahaan.
2. Memberikan keuntungan bagi usaha public relations dalam membangun citra perusahaan.
3. Dapat meraih pasar sasaran.
Ø Kelemahan Corporate advertising :
1. Efektivitas dari penggunaan iklan ini belum dapat dibuktikan
2. Perusahaan dapat menggunakan taktik ini untuk mengontrol opini publik, dan ini dianggap tidak adil.
Contoh kasus Advertising yang telah melanggar EPI melalui media cetak dan juga televisi ialah Rokok Dji Sam Soe memperagakan atribut rokok berupa bahan baku pembuatan rokok yaitu cengkeh. Dalam iklan rokok ini di televisi digambarkan adegan petani yang sedang memanen cengkeh dan kemudian menuangkannya di wadah. Visualisasi iklan secara jelas menyorot pada cengkeh yang dituangkan. Selain itu, iklan rokok Marlboro Mix juga menampilkan cengkeh dengan lebih menekankan pada bentuk tulisan. Dalam media iklan dalam bentuk spanduk tertulis “Terbuat dari cengkeh terbaik Indonesia”. (dikutip dari blog dosen umy fajarjun).
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 30 Oktober 12 - 21:14 WIB
Dalam Kategori : ADVERTISING
Dibaca sebanyak : 1120 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback